Selasa, 19 Februari 2013

Games math and language


Mempelajari sesuatu bisa mengintegrasikan banyak hal. Kita bisa mengajarkan banyak hal dalam satu media saja. Seperti yang ingin saya contohnkan saat ini.

TK B Elang hari ini (19 Februari 2013) mendapatkan sebuah games (kata Bu Nafta). Ini merupakan pelajaran matematika, sosial, dan bahasa yang dikemas secara praktis agar mudah dicerna, mudah dilaksanakan, juga mudah dinilai bagi guru sendiri.

Pertama, saya ingin mengenalkan tentang cara membilang. Terkadang anak masih suka lupa dan salah untuk mengurutkan bilangan dari 1-30 misalnya atau yang kurang dan lebih dari itu.
Kedua, saya ingin mengajarkan membaca bagi anak-anak yang belum bisa membaca lancar juga belajar menulis atau mengingat huruf.
Ketiga, saya ingin mengajarkan kerjasama. Karena dalam hidup ini manusia hidup berkelompok, maka mesti sejak dini ditanamkan pentingnya kooperatif dalam setiap kerja.

Yang saya lakukan adalah…..

saya membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok dengan satu kelompok terdiri dari dua orang. Setiap kelompok saya berikan sebuah amplop yang berisi puluhan potongan kertas dengan tulisan kata yang berbeda. Tidak berbeda semuanya, ada 10 kata yang sama yang terbagi dalam beberapa lembar.

Tugas mereka adalah….

Menghitung kertas tersebut dan menuliskannya di lembar kerja yang telah kami berikan. Awalnya ada beberapa anak yang bertanya bagaimana caranya. Ada juga yang yakin bahwa mereka bisa. Anak-anak memang unik dengan kepolosan mereka. Heheee
Beberapa kelompok mengerjakan secara rapi. Mereka menyusun tiap kata yang sama dalam satu baris kemudian mengurutkannya lagi di baris lain dengan kata berikutnya. Waaaah……seru sekali. Semangat mereka ketika menyusun, mengurutkan, menghitung hingga akhirnyaaaaaaa selesai!!!!
Subhanallah…hebat nak!!

Namun ada juga yang menghitung langsung. Awalnya mereka pikir hanya beberapa kertas yang bisa diingat mereka, nyatanya mereka lupa dan akhirnya mengulang lagi. Dan alhamdulillah…teman-teman yang sudah selesai dari kelompok lain mau membantu, J

Nilai yang saya peroleh dari pembelajaran kali ini adalah.
1.  Anak-anak semakin terasah kemampuan matematikanya, yaitu membilang
2.  Anak-anak semakin terstimulus untuk membaca. Kata-kata yang sata berikan adalah buku, pensil, TK A, TK B, ember, sapu, kayu, elang, rajawali. Anak-anak juga semakin mampu mengingat huruf dan kata dalam sebuah tulisan.
3.  Mereka lebih kooperatif ketika bekerjasama. Mereka ingin cepat selesai dan saling menghargai satu sama lain. Jelas terlihat kelompok yang bekerjasama dengan baik dan tidak. Kelompok dengan kerjasama yang baik akan lebih cepat selesainya.
4.  Dan ternyata….ada nilai yang saya lupakan namun saya temui. Yakni, konsentrasi. Konsentrasi sangat diperlukan di sini. Dan mereka mampu belajar sendiri. Dengan tenang tanpa ribut, mereka akan mampu menyelesaikan masalahanya dengan mudah.

Keep Spirit TK B Elang!! Wait for other project, OK!!!
~nafasyira~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar